Rute Alternatif ke Bandara Soekarno-Hatta

MEMALUKAN!!! Adalah satu kata yang pantas untuk jalan tol bandara (ruas jalan tol Prof. Sedyatmo) yang dikelola PT Jasa Marga ini habis hujan seharian (Jum’at, 1 Februari 2008). Bayangken saja, jalan utama yang menghubungkan Ibu Kota Indonesia dengan Bandara Internasionalnya tidak bisa digunakan sama sekali karena tergenang air dengan ketinggian sekitar 70 cm s/d 100 cm. Mobil sekelas sedan, MPV (avanza, kijang, panther), SUV dll tidak bakal bisa menembus kecuali truk marinir. Jadi jangan nekat masuk jalan tol bandara kalau sudah dapat info bahwa jalan tol bandara masih ditutup.

Kalau Indonesia ini diibaratkan dengan manusia, Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini adalah wajahnya yang sekarang dalam keadaan babak belur, persis seperti copet yang dihakimi massa. Pada heran ya, punya bandara yang bertaraf internasional kena hujan sehari kok langsung kelelep.

banjir dijalan tol

Ga tahu deh kayak apa komentar orang luar Indonesia ngeliat bandara internasional Indonesia yang kampungan banget. Selain itu tidak ada alternatif yang benar-benar nyaman untuk digunakan seperti kereta api listrik macam Malaysia yang punya KLIA Express. Satu-satunya jalan yang bisa ditempuh adalah “jalan belakang” dan itu yang akan gue deskripsikan disini dengan lengkap karena tidak ada satupun media massa yang mendeskripsikan cukup detil, sedangkan TMC (traffic management center) Polda Metro Jaya hanya bisa memberikan penjelasan per telepon. Gue harus menjemput istri gue di Bandara Soekarno-Hatta hari Sabtu (2/2) dan gue udah coba rute ini dengan perjuangan yang harus meneteskan keringat, darah dan air mata (ckckck sampe segitunya ya?).

Rute Alternatif ke Bandara Soekarno-Hatta dalam keadaan jalan tol bandara tergenang air adalah melalui jalan tol lingkar luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road), keluar di BSD, Serpong, Tangerang, Pintu Air dan sampai Bandara. Rute ini berdasarkan peta Jakarta buatan Gunther W. Holtorf.

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR)
Ikuti jalan tol ini ke arah BSD City atau Tangerang.  Pintu keluar BSD ada dua, pilih yang terakhir saat dimana JORR juga berakhir. Ikuti petunjuk jalan ke arah Tangerang.

BSD – Serpong
Rute ini cukup mudah karena jalannya lurus mengikuti arah Tangerang / Jalan Tol Jakarta-Merak. Rute sbb: Jl. Kapten Soebianto Djojohadikusumo – Jl. Pahlawan Seribu (ITC BSD sebelah kiri jalan – Bundaran – BSD Plaza sebelah kanan jalan) – Jl. Serpong Raya (Hypermarket Giant disebelah kanan jalan – Bundaran Perumahan Alam Sutera disebelah kanan)  

Tangerang 
Ikuti jalannya sampai melewati jembatan yang melintasi diatas Jalan Tol Jakarta Merak – Jl. MH Thamrin (ALFA Super disebelah kanan jalan – begitu dekat PT Kumatex di sebelah kanan jalan, ambil jalur kiri karena akan belok kiri) – Lewati underpass dan belok kiri – ikuti putaran balik ke arah Jl. Jendral Sudirman (Metropolis Town Square sebelah kanan jalan) – belok kiri di belokan kiri yang pertama, masuk ke Jl. Moh. Yamin – lurus terus melewati Jl.Pahlawan Taruna (melewati rel kereta api – stadion Tangerang disebelah kanan jalan) – menyeberang jembatan (melintasi Daan Mogot saja) dan belok kanan di Jl. Bouraq / Jl. Pintu Air Timur – belok kiri ke Jl. Pembangunan 3 dan ikuti terus jalannya – ada pertigaan dan harus belok kiri ke Jl. Marsekal Surya Darma yang ada sungai disisi kanan, ambil jalan kesebelah kanan – putar balik ke kanan – Jl. Selapajang Baru (disini Bandara sudah terlihat dengan jelas) – Belok kanan begitu menemui gerbang Bandara. Sampailah di Bandara Soekarno-Hatta!

Karena situasi jalanan yang tidak menentu, siapkan diri untuk mengendarai mobil 4-6 jam dengan kesabaran tinggi. Gue udah coba rute ini dan saking banyaknya kendaraan yang ada dijalan, macetnya memang ga keruan. Biasanya lewat jalan tol bandara dan jalan tol dalam kota hanya butuh waktu 2.5 jam bolak-balik, kalo jalur ini butuh waktu sekitar 9 jam!!!

Peta Rute Alternatif

Baru-baru ini (19/2) peta rute alternatif ke Bandara Soekarno Hatta berseliweran di milis. Sebagai tambahan dari tulisan terdahulu sudah ditambahkan peta rute alternatif ke Bandara Soekarno-Hatta tercinta ini. Klik gambarnya supaya lebih jelas.

Peta Rute Alternatif ke Bandara Soekarno-Hatta

About these ads

8 Balasan ke Rute Alternatif ke Bandara Soekarno-Hatta

  1. bowo mengatakan:

    Gak bisa komen apa-apa…kesel bacanya

    temenku dari Bandara ke kost2an di Karet harus rela merogoh kocek 350 ribu karena semua supir taxi pasang tarif edun-sialan….

    dan Bangkok aja bakal ada BTS yang menghubungan SuvarnaBhumi airport ke pusat kota…hebat2 8menjetikkan jari* huahahahahaha

    weby: makanya Wo, aku bela-belain jemput putie – selain masalah keamanan – salah satunya adalah masalah ongkos. di Detik sudah ada berita2 tentang tarif taksi yg diluar batas. kalau mereka sudah berani minta ongkos diluar normal, apa nanti dijamin ga ada apa2 ditengah jalan naik taksi itu? weleh weleh weleh…

  2. rodin mengatakan:

    Pindah ae bandarane ning Bondowoso hehehehehe

    weby: iki malah golek perkoro lho mas hihihi

  3. devino mengatakan:

    wah onok mas weby,,

    kulonuwun,,,

    kunjungan pertama nih, ngelink dari blog’e om roni,,

    jakarta terapung kedaden temenan ki,,
    produsen mobil produksi mobil ampibi ae, mesti payune,,,

    weby: ini vino yg keponakannya om roni juga? piye kabare vin?

  4. hasan parido mengatakan:

    jakarta bag sel bebas banjir cuy!!

  5. diazning mengatakan:

    makasih atas pemberitahuannya……

  6. Andayani mengatakan:

    Hahaha…tergantung jam-nya kaliii mbak… aku berangkat jam 6 pagi jalanannya muluuusss…gak terlalu macet kok… kalo jalannya jam 8 pagi atau jam 5 sore…wassalam deh…hehehe

  7. Andayani mengatakan:

    Betewe blogger-nya mbak ato mas yah?!? Sotoy sekali saya…. (-^__^-)

  8. dedy mengatakan:

    kapan kereta api dpt digunakan sampai ke bandara sukarno hatta? jadi geram sama pemerintah ini, ngurus transportasi saja nggak becus. jalur satu-satunya ke bandara jd macet, gak ada alternatif yg nyaman untuk penumpang. haduh…. negaraku ini kapan merdekanya…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: