Mati Listrik di Bioskop

30 Januari 2008

Mati listrik di rumah? Sudah biasa dan cukup menyebalkan sih, ga bisa hidupin AC, ga bisa nonton TV, minuman dikulkas jadi ga dingin, dll. Mati listrik di bioskop? Bioskop sekelas misbar (gerimis bubar) aja yang biasanya kayak gitu.

bioskop

Gue teringat bokap gue waktu masa mudanya sering banget nonton bioskop, bahkan sampe sekarang sudah pensiun pun masih hobi banget nonton film. Kayaknya sih hobi gue nonton film ini menurun dari bokap gue. Suatu ketika beliau ini nonton dibioskop misbar, lagi seru-serunya nih film, tahu-tahu, DHESS!! listrik mati… layar gelap dan penonton pun mulai berteriak-teriak kesal. Tunggu punya tunggu, listrik ga nyala-nyala juga, penonton pun mulai berulah. Ada yang teriak-teriak ga sabar pengen nonton lanjutannya, ada yang ngebanting-banting kursi kayu dan puncaknya layar bioskop ditimpukin pake bakiak kayu… BREETTTTT!! Sobek lah layar tersebut dan bubar jalan juga akhirnya tuh bioskop misbar. Baca entri selengkapnya »

Iklan

Sholat Jum’at di Paris – Paris series

23 Januari 2008

Prancis adalah negara yang menganut konsep laïcité, yaitu suatu konsep bentuk negara dimana agama tidak mencampuri urusan negara dan negara juga tidak mencampuri dalam urusan agama. Kurang lebih komposisi pemeluk agama di Prancis adalah 51% Katolik, 31% atheis, 4% Islam, 3% Protestan, 1% Yahudi dan 10% beragama lain-lain. Pemeluk agama Islam di Prancis berasal dari Aljazair, Maroko, Tunisia, Turki, Sub-Sahara Afrika, Timur Tengah, Asia dan lain-lain. Terbesar adalah dari Aljazair yang mencapai sekitar 1,5 juta orang. Dengan fakta ini, berarti paling tidak saya bisa menemukan Masjid di Paris.

masjid kartun

Benar saja, setelah sibuk menelisik buku Traveler Paris, terdapat informasi mengenai Grande Mosquée de Paris yang terletak di Quartier Latin atau di 5e arrondissement (distrik ke-5) Paris. Saya tertarik untuk sholat Jum’at disana karena selain wajib tentunya untuk muslim, ingin tahu juga suasana sholat Jum’at di kota seribu gereja ini. Pengalaman yang unik karena masjid ini adalah masjid terbesar di Paris yang mana pasti saya bisa menemui banyak muslim dari berbagai etnis yang menghuni kota Paris.

Baca entri selengkapnya »


Hotel Tak Berbintang

21 Januari 2008

Hotel ini terletak di bilangan Jakarta Selatan. Sudah dua kali saya mengunjungi hotel ini, yang pertama ketika teman saya menikah dan yang kedua ketika perusahaan tempat saya bekerja mengadakan pelatihan disini. Katanya hotel ini adalah hotel tak berbintang. Maksudnya? Iya, hotel ini saking mewahnya sampai hotel dengan kelas bintang 5 pun masih terlalu rendah untuk disandangnya.

Sentuhan personal sangat terasa dihotel ini. Waktu saya dan kawan-kawan saya mengikuti pelatihan disini, salah seorang staf hotel (yang kelihatannya punya pangkat tinggi) dengan sopan mengenalkan diri, menanyakan menu makannya bagaimana, apakah pelayanannya memuaskan atau tidak, dst.. Menurut staf tersebut, tamu yang menginap dihotel ini akan dicatat semuanya mengenai kesukaannya. Contoh: parfum ruangan kamar yang disukai, menu makanan favorit, musik kesukaannya. Lain kali kalau tamu tersebut datang lagi, parfum ruangan yang disukai akan digunakan lagi, menu makanan favorit akan disajikan, musik kesukaan akan didendangkan, supaya tamu merasa betah dan nyaman…

 Sampe segitunya? ckckck…. pasti mahal!!! Hotel apa coba tebak!

hotel tak berbintang


Sinyalnya Ada Dimana-mana

21 Januari 2008

Tulisan difoto dibawah ini ditemukan disalah satu masjid di Bandung waktu saya menghadiri pernikahan saudara dari pihak istri. Peringatan mematikan telepon seluler ketika memasuki tempat ibadah sangat umum ditemukan, supaya tidak mengganggu orang lain yang sedang menjalankan ibadah maksudnya. Dari foto dibawah, sekilas sih tidak ada yang salah, cuma yang sedikit mengganggu adalah kalimat lanjutannya. Berikut kalimat lengkapnya: “Mohon matikan ponsel demi kekhusyukan ibadah (Apalagi bagi pengguna kartuHALO & simPATI yang sinyalnya ada dimana-mana)”.

sinyalnya ada dimana-mana

Helloooooo! Ini peringatan atau iklan? Perhatikan dengan cermat kesengajaan penggunaan huruf kapital pada “kartuHALO” dan “simPATI” yang jelas-jelas menunjukkan nama produk. Sebagian besar pengguna telepon seluler sudah tahu bahwa jaringan komunikasi Telk*msel memang sangat luas cakupannya, tapi menjadi konyol bahwa itu harus diungkapkan dalam suatu peringatan ditempat ibadah dengan diembel-embeli nama produk. Kenapa ga sekalian kartu As juga diikutkan? Lebih konyolnya lagi, tempat ibadah itu tidak berada disuatu tempat yang terpencil sekali sehingga operator telepon lain sinyalnya senin-kamis, melainkan masih cukup dekat dengan pusat kota Bandung yang notabene bukan tempat terpencil!!!


Koran Le Figaro – Paris series

16 Januari 2008

Membaca koran itu menurut saya penting. Paling sedikit, seminggu sekali pasti saya membaca koran. Koran berbeda dengan majalah ataupun buku karena memberikan informasi terkini mengenai banyak hal, terutama mengenai keadaan disekitar kita. Informasi ini bisa berguna dan bisa tidak, tetapi paling tidak bisa saya gunakan tho?

Le Figaro

Baca entri selengkapnya »


Vélib’ – Paris series

15 Januari 2008

Buat yang mengunjungi Paris setelah pertengahan 2007 pasti pernah dengar-dengar, melihat atau bahkan nyobain Vélib’ alias vélo liberté. Dari asal katanya, vélo itu artinya sepeda sedangkan liberté artinya kebebasan, jadi arti harfiahnya adalah sepeda kebebasan.

sepeda

Baca entri selengkapnya »


Tupai Tupai

15 Januari 2008

Kuala Lumpur, Maret 2007. Sore itu saya, papa saya dan mas Yogi bersiap-siap di apartemen Mas Yogi untuk makan malam bersama atas undangan seorang kawan. Mas Yogi ini adalah saudara jauh dari ibu saya, beliau bekerja di Petronas Malaysia. Saya dan papa saya berkunjung ke Kuala Lumpur serta menginap beberapa hari diapartemennya didaerah Setiawangsa yang tak jauh dari pusat kota Kuala Lumpur.

tupai

Baca entri selengkapnya »