Sepeda Motor di Jalan Tol? No way! Kereta-Bis Dong!

Sungguh tolol keputusan membolehkan sepeda motor melewati semua jalan tol di Indonesia. Apa dasarnya dibilang tolol?

Pengemudi sepeda motor pada dasarnya susah untuk berdisiplin. Berapa banyak dari anda yang pernah mengendarai kendaraan lain (mobil pribadi/kendaraan umum) ketika cuaca hujan dan melewati sebuah terowongan? Bisa dipastikan banyak pengemudi sepeda motor yang berteduh disana tanpa mempedulikan kendaraan yang kesulitan melalui terowongan karena terhalang motor yang parkirnya bisa memenuhi setengah terowongan.

Lihat juga di jalur Busway, sudah jelas-jelas ada larangan, masih nekat saja masuk jalur busway, kecuali ada polisi baru mereka patuh. Kepatuhan ada ketika polisi ada, betul-betul disiplin lalu lintas yang sangat-sangat rendah.

Sempatkan lihat antrian di perempatan atau pertigaan. Sepeda motor yang menyempil melalui dua mobil itu adalah pemandangan biasa, bahkan sering spion mobil juga terserempet. Kalau spion mobil sudah keserempet, mereka dengan enteng meminta maaf. Begitu mereka kena serempet sedikit – bahkan belum kena serempet sebenarnya – marahnya luar biasa, bahkan menggebuk bodi mobil sampai penyok jika perlu. Kelakuan yang mencerminkan kepribadian yang berdisiplin kah?

Mestinya pemerintah lebih cerdas melihat akar permasalahan kenapa masyarakat senang menggunakan sepeda motor. Mari kita liha karakteristik sepeda motor. Sepeda motor itu yang jelas praktis dan ekonomis untuk pergi bekerja. Tidak perlu gonta-ganti moda transportasi untuk bisa sampai tempat kerja, bahan bakarnya irit karena kapasitas mesinnya kecil dan bisa cepat sampai tujuan. Ini sebenarnya yang sangat didambakan masyarakat.

Salah satu solusi – mudah-mudahan ada penguasa yang melihat blog saya – adalah membuat transportasi pengumpan massal berbasis jalan tol (mass feeder transporter). Ini hanya sekedar khayalan saya. Secara fisik moda transportasinya adalah kereta-bis. Apa itu kereta bis? Bentuknya bis, tetapi bergandeng-gandeng seperti kereta. Ini terinspirasi seperti train-truck di Australia. Truk ini bisa menggandeng sampai puluhan gandengan dibelakangnya karena jalan yang dilaluinya biasanya cukup lurus. Saya kira jalan tol cukup lurus dan kalaupun punya belokan, belokannya tidak patah. Masih ingat kan wahana kereta api (aslinya mobil) di kebun binatang Ragunan? mirip itu lah.

Kereta-bis ini mempunyai banyak gerbong dan hanya beroperasi melalui jalan tol untuk mencapai banyak stasiun di sepanjang jalan tol. Stasiunnya bisa diintegrasikan dengan stasiun Busway yang sudah ada sehingga bisa hemat biaya.

Hehehe, tapi intinya sih pengen punya sistem transportasi yang bisa menjangkau semua sudut kota dengan cepat, nyaman dan murah. Apa ya selalu modalnya gede? Entah lah.. saya hanya bisa bermimpi, kapan Indonesia bisa punya jaringan kereta seperti Metro Paris?

2 Balasan ke Sepeda Motor di Jalan Tol? No way! Kereta-Bis Dong!

  1. Putie mengatakan:

    Indonesia dengan metro a la paris…? drainasenya dulu dibenerin.. ntar kalo banjir subway-nya tenggelem lagiii ;p

    btw, iya, bukannya merendahkan pengguna sepeda motor, karena putie sendiri kadang juga pake motor. Tapi kayaknya BANYAK pengguna sepeda motor datang dari kalangan nggak berpendidikan deh. Banyak bukan berarti semua ya. Dan itu ngaruh ke cara mereka berkendara di jalan.. jadi semrawut dan suka maunya sendiri! Lihat aja, sekarang motor itu raja jalanan. Dia salah, mobil yang disalahin. Mobil salah, mobil juga yang disalahin.

    Kebanyakan dari mereka juga kayaknya mengalami kecemburuan sosial sama mobil. Mereka diklakson dikit, mobilnya diteriakin “Iya deh yang pake mobil, kaya sih looo”. Mereka nyerempet, mereka juga yang duluan nyolot.

    Tol tanpa motor aja udah sering macet, apalagi dengan motor! Nggak kebayang.

    Pemerintah harusnya emang concern banget masalah ketidakdisiplinan ini karena efeknya bisa banyak! Macet dan tingginya angka kecelakaan adalah bbrp diantaranya.

    Trus juga, gimana mau ngurangin kemacetan kalo motor bisa masuk tol? orang lebih milih naik motor-dengan-tol lah dibanding naik kendaraan umum.

  2. Prabowo mengatakan:

    Banyak pengendara motor memang tolol mas Weby. Eittss, saya juga pake motor lho tapi moga2 ga termasuk yang tolol ini.

    Bila berhadapan dengan yang levelnya lebih atas (mobil) mereka pasang aksi “gue miskin, loe harus kasian dan ngalah ma gue”.
    Bila berhadapan dengan yang levelnya lebih rendah (pejalan kaki yang jalur trotoarnya diserobot untuk motor) mereka pasang aksi “minggir… minggir… kagak minggir gue tabrak loe”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: