Tesis Kuliah, Pekerjaan, Bisnis Sampingan dan Hobi

Banyak sekali topik yang dibahas kali ini. Ya, biar menghemat waktu mengetiknya hehe.

Tesis kuliah S2 memang benar-benar bikin pusing tapi paling tidak sudah ketemu titik terangnya dimana harus berfokus. Topik tesis berkutat sekitar pencarian kondisi operasi yang cocok untuk mengirimkan volume gas yang besar melalui unit pendinginan dan unit fraksionasi dengan karakteristik unik dari masing-masing unit. Masalahnya memang ada pada cara kerja secara umum antara turbo ekspander dan kompresor, serta perhitungan secara eksak hubungan antara keduanya supaya bisa dikarakterisasi sesuai dengan cara kerja aslinya. Selama ini yang dipelajari di kuliahan atau di kursus-kursus (belum pernah ikut kursus Simulasi Proses sih) menggunakan pendeskripsian cara kerja kompresor atau ekspander yang generik. Langkah selanjutnya adalah bikin analisis sensitivitas untuk mengetahui kecenderungan pengoperasian kompresor & ekspander dalam batas-batas tertentu dan menentukan limitasinya.

Mengenai pekerjaan, bulan ini cukup padat jadwal ke lapangan. Ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan di lapangan dan memakan banyak waktu di sana. Mengawasi pekerjaan kontraktor, mengkoordinasi kegiatan dengan kawan-kawan dari operasi lapangan, mengkoordinasi mobilisasi wakil pemerintah dan merencanakan pekerjaan selanjutnya. Belum lagi tambahan pekerjaan baru dari bos yang sifatnya memerlukan penanganan dengan segera karena sudah mencapai level atas. Lumayan lah, otak tidak sempat nganggur, mudah-mudahan cukup istirahat setelah nanti lama di lapangan.

Bisnis sampingan yang baru adalah jualan buku secara online. Buku! Sesuatu yang saya senangi semenjak kecil untuk dibaca atau sekedar dikoleksi untuk kapan-kapan dibaca. Ini sebenarnya terkait dengan hobi sih, hobi kereta api model berskala. Awalnya iseng-iseng saja di milis menawarkan majalah kereta model dengan harga miring, lama-lama setelah diriset langsung ke pasar: berkunjung ke toko buku besar, lihat harga, ketersediaan stok, dll, diputuskan untuk  bikin toko buku online yang khusus melayani hobyist kereta model atau kereta api beneran. Pasarnya sempit sekali dan tidak ada saingan. Tidak ada saingannya bukan karena tidak menarik, tetapi lebih karena orang bisa beli lebih murah kalau langsung ke luar negeri. Tetap saja, toko buku macam Kinokuniya dan QB bisa hidup toh meskipun mereka jual buku impor di Indonesia. Berarti pasarnya ada namun kecil atau tidak tergarap. Ya sudah dan Alhamdulillah sudah dapat beberapa pelanggan. Meskipun sedikit, harus ditelateni untuk bisa menghayati bisnis ini lebih dalam. Silahkan klik disini kalau penasaran toko online-nya seperti apa. Bisa juga googling dengan kata kunci “jual buku kereta model”, mestinya website toko saya ada di urutan paling atas.

Hobi baru yakni kereta model memang hobi dari kecil, bedanya buku lebih terjangkau daripada kereta model hehe. Sekarang berhubung ada duit lebih, sudah mulai nyicil beli lokomotif, gerbong, rel dan sistem pengendalinya. Lumayan mengasyikkan, tapi saking mengasyikkannya sampai tesis bisa terbengkalai. Gawat! Sementara ini sampai wisuda, hobi ini distop dulu sampai tesis S2 bisa selesai. Tidak lama lagi lah, sampai Agustus.

Thanks to my beautiful angel, my wife, who has been supporting and encouraging me to do all this works.

Satu Balasan ke Tesis Kuliah, Pekerjaan, Bisnis Sampingan dan Hobi

  1. voucher pulsa mengatakan:

    Bisnis buku memnag sangat menyenangkan bisa numpang baca gratis hehehe trims infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: